30 comments on “Simulasi Enkripsi-Dekripsi AES Menggunakan Library Bouncy Castle

  1. assalamualaikum

    salam kenal mbak restia,,
    nama saya ahmad,,

    sebelumnya terimakasih atas tulisan2nya tentang kriptografi yg sungguh bermanfaat….

    mbak saya sedang membuat penelitian tentang kriptografi j2me sms,,,

    sebagai syaratnya diffie hellman sebagai pertukaran kuncinya….

    mbak bisa minta tolong gak mbak membuatkan simulasinya dalam j2me pertukaran kunci diffie hellman tersebut pada sms,,,

    soalnya saya bener2 baru (beginner dalam pemograman ini)…

    setidaknnya saya mau belajar dulu dari mbak restia yang udah paham dengan kriptografi ini,,,,

    pertolongannya dihrapkan y mbak,,,
    makasih sebelumnya,,

    wassalam…..

    • Wa’alaikumsalam, wr,wb…
      Kalau kriptografi di J2ME (SMS) memang saya pernah coba-coba, tapi kalau pake algor Diffie-Hellman trus terang belum pernah, hehehe…
      Trus mengenai Diffie-Hellman yang saya tahu masih utk yang basisnya J2SE bukan J2ME, kebetulan saya pakai library Bouncy Castle jadi tipe codingnya agak berbeda… kesimpulannya saya belum pernah coba, tapi boleh juga untuk dipelajari, kita coba sama-sama ya… insya Allah kalau ada waktu akan saya kasih postingan tentang ini .
      Biasanya sih buat tahu cara pakai algoritma kriptografi di J2ME, saya searching dulu di internet bagaimana tipe codingnya dengan Bouncy Castle trus saya modif dengan algoritma yg saya punya. Next masuk ke SMS biasa kalau sudah sukses SMS biasanya, baru datanya dimodif dengan algoritma Kriptografi. Begitu mas…
      Jadi harus coba-coba… ngga bisa instant. Insya Allah kalau ada waktu saya bantu, hehehe… tapi ngga pake janji ya…🙂

  2. assalamualaikum,wrb.wb…

    oh gitu ya mbak resti…
    okelah kalo begitu…

    makasih ya mbak mau bantu2 nyari…..
    mbak sebenernya gak mesti diffie hellman sih mbak… untuk pertukaran kuncinya,,,,
    saya masih bingung ja mbak pertukaran kunci yang pas di j2me untuk sms itu apa ya,,, apa mungkin RSA atau algor yg lainnya???

    Sekali lagi makasih ya mbak atas pengetahuan dan responnya….
    saya doakan mbak lancar trus dalam kehidupannya,,,
    baik didunia maupun diakherat….

    oklah kalo gitu,,, sya akan berusaha lagi…
    THANKS🙂

    wassalam.,

    • Wa’alaikum salam,wr,wb…
      Yang aku punya hanya Diffie-Hellman utk aplikasi Java biasa, J2SE pake Boncy Castle. Tapi untuk J2ME dengan Bouncy Castle tipe coding nya agak beda dengan yang J2SE, biasanya sih aku cari dulu di internet tipe coding nya. Lalu aku modif untuk coding dengan J2ME.
      Perlu diperhatikan juga Bro, kalau untuk J2ME instalasi Bouncy Castle nya pake library yang formatnya *.jar . Jadinya langsung import *.jar nya, tidak sama dengan instalasi Bouncy Catle yang di J2SE.
      Insya Allah kalau ada waktu, saya akan explore tentang Diffie-Hellman dan akan saya posting di blog ini juga. Setahuku untuk pertukaran kunci yang paling sederhana memang pake Diffie-Hellman, yang lain bisa juga sih… banyak lagi tipenya koq tapi bisasnya lebih rumit.
      Amin, thanks banget atas doanya. Sukses juga ya buat Ahmad.

  3. assalamualaikum mbak resti…
    pa kabarnya???
    kok udah jarang nulis di blog??
    ^__^…
    Mbak sekarang lagi sibuk2nya ya????
    kira2 kpan ya Mbak ad waktu???

  4. Iya nih Bro.. paling ngga setelah tanggal 23 Februari ini lah.
    Ntar kita diskusi lagi ya… lewat YM juga bisa. See ya !

  5. hmmm artikel ini sangat membantu saya dalam pembuatan tugas akhir…
    tapi ada yang mau saya tanyakan,
    untuk library Bonci Castle sendiri bagaimana penggunaannya jika untuk diimplementasikan enkripsi data dalam database ?
    mungkin kakak ada refrensi???

    terima kasih

  6. mba’… mw tanya nih.. klw untuk ke mobilenya itu sama aja atau ada yang musti di rombak codingan yang mba’ kasih… yang gunain aes di mobile… ??
    coz, saya searching2 katanya beda untuk di mobile..
    klw beda.. boleh minta contoh codingannya ga.. ??

    Thx b4….

    • Bedanya yaitu kita harus menyediakan library Bouncy Castle dalam bentuk *.jar yang diletakkan dalam project mobile yang sama. Dengan demikian saat meng-install aplikasi mobile yang siap pakai dalam bentuk *.jar, maka aplikasi akan tetap dapat mengakses library tersebut.

  7. haduh k’ ga bisa.. malah error…

    Building “Test”
    Error preverifying class org.bouncycastle.jce.interfaces.GOST3410PrivateKey
    java/lang/NoClassDefFoundError: java/security/PrivateKey
    Build failed

    k’… boleh saya Add YM kk ??
    mw tanya2 nih untuk TA …

    • Oh, masa sih ?
      Yang di running cuma 1 (satu) file itu aja lho…
      Boleh add YM saya di reesh_sitigirl_cs. See ya, sukses ya TA nya.

  8. mbak klo coding diatas mau dipake buat encrypt sms gmn caranya? coding2nya apa yg perlu diganti? thx atas bantuannya

    • Hmm, yang pasti sebelum data ‘message’ itu dikirim, dilewatkan ke coding enkripsi dulu.. baru deh dikirim. Segitupun pada sisi penerimanya, sebelum masuk ke inbox, datanya dilewatkan dulu ke coding dekripsi.
      Demikian, Bro.

  9. kk maaf kodingnya mana? saya sudah coba mengikuti link yang kk kasih, tapi ternyata blank.. minta pencerahannya .. thx b4 ^^.. salam kenal…

  10. Terimak kasih kak reestea atas penjelasannya yang
    sangat bermanfaat bagi TA saya, tapi link diatas
    tidak dapat saya buka,, bolehkah saya minta lagi source code enkripsinya mbak,,
    terima kasih bantuannya kak,,

  11. Mbak kita udah ngejalanin di netbeansnya , tapi banyak banget errornya.
    Bingung juga salahnya dimna mbak,..
    Apa itu tanda BC-nya belum terinstal dengan baik ya ??

    Kalo Dijalanin di WTK bsa g ya mbak kira2 ???

  12. asalamualaikum mbak,maaf kok link donwload nya nggak bisa mbak,bisa minta tolong saya bisa minta filenya untuk referensi saja..

  13. Maaf banget ya temen-temen filenya ngga saya back-up. Entah dimana sekarang coz udah lama banget.
    Mungkin temen-temen bisa kontak ke temen yang comment pertama di postingan ini. Siapa tahu dia pernah download juga? Makasih.

Leave a Reply

